Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Chord Gitar

Chord Gitar
Halo sahabat, semoga semua dalam kondisi yang serba baik.
Saat ini saya bahas artikel tentang chord atau akord. Sebutan dalam bahasa Indonesia adalah akord. Sedangkan dalam bahasa asing disebut chord. Bagi saya sudah terbiasa menyebutnya chord, maka dibahasan artikel ini saya menyebutnya dengan istilah chord saja ya.

Chord adalah beberapa nada, 2 nada, tiga nada atau lebih dengan pilihan nada tertentu sesuai aturan teori musik yang bila dibunyikan secara bersamaan akan menghasilkan suara yang harmonis.  Sedangkan definisi yang saya baca di Wikipdia chord atau akord adalah kumpulan tiga nada atau lebih yang bila dimainkan secara bersamaan terdengar harmonis. Ya tidak jauh berbeda ya dengan definisi yang saya buat, namun saya tambahin sedikit lebih lengkap, mudah-mudahan untuk bisa lebih mudah dipahami.

Untuk bahasan saat ini saya hanya membahas tentang chord yang dimainkan untuk alat musik gitar. Suatu saat nanti mungkin saya akan bahas artikel tentang chord untuk alat musik yang lain seperti keyboard, chord untuk bass ataupun alat musik lainnya. Namun perlu dicatat sebelumnya, tidak semua alat musik dapat dipakai untuk memainkan chord.

Ada beberapa cara memainkan chord, nada-nada dari chord tersebut bisa dimainkan serentak bersamaan, atau secara berurut atau terputus-putus. Dan khusus untuk alat musik gitar saat memainkan chord bisa dengan memakai alat alat yang dipegang tangan kanan disebut pick. Atau bisa juga memakai jari-jari tangan kanan saja.

Fungsi Chord yang utama adalah untuk mengiringi sebuah lagu atau istilah asingnya acompaniment. Ada beberapa alat musik yang fungsinya sangat lazim digunakan sebagai intrument iringan misalnya gitar, piano, keyboard dan mungkin banyak lagi yang lainya. Kenapa alat-alat musik tersebut lazim digunakan sebagai alat musik untuk iringan? jawaban salah satunya adalah alat musik tersebut mempunyai kelebihan bisa menghasilkan beberapa nada sesuai dengan keinginan kita saat dimainkan. Contohnya coba bandingkan alat musik gitar dengan saxophon, saat sahabat memainkan alat gitar sahabat bsa membunyikan beberapa nada di waktu yang sama namun tidak demikian dengan saxophon disaat yang sama anda hanya bisa memainkan satu nada dan nada berikutnya dihasilkan setelah selesai nada yang pertama dan demikian seterusnya. Nah itulah sebabnya tidak semua alat musik bisa memainkan chord.

Ada banyak beragam jenis chord, Yang paling basic dari jenis chord adalah yang disebut dengan chord triad, chord triad artinya chord dasar isinya 3 nada. Di artikel inipun yang saya ulas dan saya paparkan adalah hanya chord-chord gitar yang dimainkan diposisi awal fret atau kolom ke satu, tidak terlalu sulit untuk mempelajarinya, bentuk chord Mayor dan chord minor, namun disini selain chord Mayor dan minor ada chord jenis chord dominant 7 nya, lazim atau biasa dipanggil chord 7 saja

Yang perlu sahabat pahami dan perhatikan saat mempelajari dan menguasai chord Gitar adalah.

1. Fungsi tangan kiri dan kanan berikut penamaan jarinya.
Bila sahabat bukan seorang kidal, jari yang dipakai untuk memainkan chord menekan senar adalah jari tangan kiri. Sedangkan jari kanan dipakai untuk membunyikan atau menyentuh senar seperti memainkan  tehnik strumming (genjreng) atau arpegio (petikan).
Kecuali bila seorang kidal, dari paparan diatas semuanya menjadi terbalik. Dia menggunakan jari tangan kanan untuk memainkan memijit senar, sedangkan tangan kiri dipakai untuk menyentuh atau membunyikan senar. Nama-nama jari baik itu jari kana atau jari kiri sebagai berikut.
Untuk jari tangan kanan, jari jempol disebut p, telunjuk dsebut i, jari tengah disebut m, jari manis disebut a dan untuk jari kelingking disebut ch.
Untuk jari tangan kiri, jari jempol tidak dipakai untuk memijit senar maka tidak dinamai, jari telunjuk dsebut 1, jari tengah disebut 2, jari manis dsebut 3 dan jari manis disebut 4,
(keterangan posisi jari untuk gambar dibawah adalah angka yang dilingkari).

2. Mengenal urutan senar. Urutannya sebagai berikut. senar yang paling kecil atau berada diposisi paling bawah dsebut senar no 1. Senar berikutnya diatas senar 1 adalah senar no 2, ukurannya lebih besar sedikit dari senar no 1. Senar berikutnya diatas senar 2 adalah senar no 3, ukuran lebih besar dari senar yang sebelumnya no 3. Demikian terus berurut ke atas, sampai akhirnya terakhir senar yang no 6, senar yang palinb besar ukurannya. Perlu dicatat saat membaca gambar chord dibawah, senar 1 berada diatas dan senar 6 berada dibawah, (keterangan senar untuk gambar dibawah adalah gari-garis berurut horisontal).

 3. Mengenal wilayah kolom atau fret di penampang gitar.
Fret adalah besi-besi atau lidi-lidi posisi vertikal dipenampang gitar yang membuat kolom-kolom, berurut dan ukuran jarak fret dan ukuran kolom makin mengecil saat mendekati dan sampai ke body gitar, (keterangan fret atau kolom untuk gambar dibawah adalah gari-garis berurut vertikal).
  
Untuk segera menghapal atau memprakteknya, silahkan sahabat simak gambar dibawah, hapal chord-chord tertentu gambar dibawah, mulailah dari yang mudah saja, sambil dipraktekan dipakai mengiringi lagu-lagu yang sederhana, lagu yang tidak banyak dulu chordnya. Atau bisa kunjungi artikel disini

chord gitar
Gambar chord gitar bentuk basic.
Demikian bahasan sederhana tentang Chord Gitar, kedepan mungkin saya akan bahas tentang artikel chord gitar yang lebih komplit, intinya artikel ini mudah-mudahan bisa dipahami dengan mudah dan bermanfaat khususnya untuk sahabat yang sedang belajar gitar pemula